Saya Mengajar, Juga Harus Mau Belajar

Guru Indonesia ditengah kondisi pandemi COVID-19 dan Puasa Ramadhan masih tetap semangat, dan tetap produktif. Selama bulan Ramadhan ini, kanal SAGUSABLOG telah mengadakan 2 kali kegiatan spektakuler. Awal puasa kanal ini mengajak sahabat guru pembelajar di kelas lanjutan membuat media pembelajaran berbasis Blog, dan terlaksana dengan sukses dengan peserta sebanyak 203 Guru Pembelajar. Belum berakhir perpanjangan waktu kegiatan kelas lanjutan, kanal terfavorit di SIM-GP ini telah membuka pendaftaran untuk Kelas Dasar angkatan 40. 

Terdapat 587 peserta guru pembelajar dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia telah mengikuti kegiatan yang dimulai sejak 8 Mei 2020 dan berakhir pada 14 mei 2020. Setidaknya ada 34 kelas dengan kapasitas kelas besar dan 68 mentor kelas yang terlibat dalam kegiatan ini. 

Animo guru pembelajar yang tinggi, membuat Founder kanal Mr. Mung kualahan mengatasi peserta yang membludak. Sehingga menutup pendaftaran lebih awal. Sebelumnya, kegiatan kanal ini hanya terbatas kurang dari 300 peserta. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif. Sebab, kegiatan ini hampir setiap pekan membuka pendaftaran. Setidaknya 2 - 3 kali kegiatan dalam sebulan. Oleh sebab itu, pembatasan peserta dibatasi untuk menjaga stamina mentor-mentor kelas yang terlibat dalam kegiatan ini.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan dalam kegiatan ini. Tidak serta merta saya harus mengoreksi tugas peserta. Namun saya juga harus banyak belajar, bagaimana menyikapi peserta. Memberikan pelayanan yang baik. Terlebih kelas dasar sebagian peserta adalah anggota baru. Jadi harus memberikan kesan yang baik dan menarik agar peserta dengan senang hati mengikuti kegiatan saat ini maupun yang akan datang.

Sebagai mentor, saya tidak hanya sekedar mengoreksi salah dan benar hasil pekerjaan peserta. Namun dengan spirit Sharing And Growing Together saya harus memberikan solusi pemecahan masalahnya. Tentu saja peserta sudah membaca modul dan tutorial yang diberikan. Namun terkadang pemahaman peserta berbeda, sehingga muncul sebuah masalah.

 


Nah, disinilah tugas sebagai mentor memberikan bantuan. Memberikan pelayanan. Memberikan solusi. Pendampingan kepada peserta dalam memahami modul yang dikerjakan.

Saya banyak belajar dari para peserta sagusablog angkatan 40. Ditengah kondisi pandemi, tetap semangat untuk belajar. Rerata peserta bukan lagi pada usia yang masih muda. Banyak para guru senior dikelas. Meski lahir dijaman masih jauh dari dunia IT. Tetapi semangat untuk belajar tak pernah kalah dengan kemajuan IT. Salam hormat untuk para guru. Harus tetap santun dan hormat dalam melakukan pendampingan. 

Ada kabar gembira untuk peserta angkatan 40. Khusus bagi anda yang telah LULUS kelas DASAR. Ikuti kegiatan WORKSHOP ONLINE SAGUSABLOG 41 KELAS LANJUTAN yang akan dilaksanakan pada tanggal 02 s/d 08 Juni 2020 telah dibuka pendaftarannya. Jangan sampai ketinggalan ya. Semoga kita dapat bertemu satu kelas yang sama.






2 comments:

  1. Alhamdulillah sdh mendaftar..semoga bisa lulus.

    ReplyDelete
  2. Terima ksh atas kesempatan yg diberikan untuk lanjut ke level yg lebih tinggi! Semoga lancar dan lulus tanpa kendala, dan yg paling penting semoga ilmu yg didapat betul2 bermanfaat terutama utk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia👍🙏

    ReplyDelete

Terimakasih telah mengunjungi BLOG DESBUD
| Sharing Education